Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design: Kisi Karunia
Base Code: Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tuesday 20 September 2016

Tanya jawab MERS-CoV bagi mereka yang berada di Arab Saudi



Q: Apa yang disebut MERS ?
A: Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) adalah virus dari keluarga besar coronavirus yang dapat menyebabkan gejala seperti flu. Virus tersebut telah bermutasi menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk kematian.

Q: Apa saja gejala dari MERS?
A: Demam lebih dari 38 oC, batuk dan sesak napas. Beberapa orang menderita muntah dan diare.

Q: Apakah MERS menyebar dari orang ke orang?
A: Ya dengan cara kontak atau melalui tetesan. Sejauh ini, tidak ada bukti itu adalah udara.

Q: Dari mana MERS berasal?
A: Kami masih tidak tahu di mana virus bermutasi ini berasal. Coronavirus lama diisolasi dari kelelawar, sehingga masih perlu dilakukan studi lebih lanjut.

Q: Bisakah saya mendapatkan virus dengan memakan daging unta atau kontak dengan unta?
A: Penelitian masih berlangsung, namun Departemen Kesehatan telah menyarankan orang untuk tidak minum susu unta yang tidak direbus dan daging yang tidak dimasak sampai matang, dan hindari kontak dekat dengan unta.

Q: Siapa yang paling berisiko?
A: Sekali lagi, kita tidak cukup tahu tentang karakteristik virus untuk menjawab pertanyaan ini.

Q: Apakah ada vaksin atau obat untuk MERS ?
A: Tidak ada pengobatan atau menyembuhkan sejauh ini.

Q: Apa yang dapat saya lakukan untuk melindungi diri dari MERS ?
A: Anda harus mengikuti tindakan pencegahan yang diuraikan oleh Departemen Kesehatan. Sering mencuci tangan, hindari kontak dengan orang sakit dan hindari menyentuh mata dan hidung. Hindari pergi ke tempat ramai. Makan dengan baik, tidur dengan baik dan banyak minum.
Q: Apakah saya harus menggunakan masker wajah untuk mencegah terinfeksi?
A: Tidak perlu memakai masker di tempat umum, seperti mal, tempat kerja atau di jalan. Hal ini hanya diindikasikan untuk petugas kesehatan yang memeriksa pasien dengan coronavirus, pada jarak di bawah satu setengah meter. Mengenakan masker dalam waktu yang lama tidak akan melindungi seseorang terhadap virus, melainkan akan meningkatkan risiko terinfeksi. Orang harus menggunakannya dalam periode yang singkat pada satu waktu, dan membuang segera setelah digunakan.

Q: Bagaimana saya tahu perbedaan antara MERS dan flu biasa?
A: Jika Anda memiliki demam tinggi, batuk dan sesak napas, maka bisa disebabkan MERS. Sesak napas merupakan indikator penting.

Q: Jika saya terkena MERS, artinya saya akan mati?
A: Tidak, tidak sama sekali. Sejumlah orang yang terinfeksi telah bisa sembuh dan dapat pulih kembali sehat.  Ada juga beberapa orang yang positif MERS dan tidak memiliki gejala sama sekali. Kemungkinannya kecil untuk terkena MERS dari orang ini.
Q: Apa hal pertama yang saya harus lakukan jika saya mencurigai saya harus MERS?
A: Anda perlu pergi ke bagian darurat rumah sakit dan dokter.
Q: Jika saya telah terinfeksi mer, dapat saya pergi ke rumah sakit atau ada rumah sakit khusus yang menangani kasus MERS?
A: Di Jeddah adalah RS King Fahd.

Q: Apa saran yang bisa saya berikan kepada anak-anak saya tentang MERS sehingga mereka dapat tetap aman di sekolah?
A: Pendidikan adalah kuncinya. Katakan kepada mereka bahwa mereka harus mencuci tangan mereka sering dan mengikuti tindakan yang sama seperti orang dewasa. Jika anak sakit atau menunjukkan gejala sakit, kemudian bawa dia ke rumahnya. Guru juga harus dibekali pengetahuan tantang gejala MERS dan jika perlu memulangkan anak yang sakit ke rumahnya.

Q: Dimana saya bisa mendapatkan rincian terbaru tentang MERS ?
A: Kunjungi website Kementerian Kesehatan di www. moh.gov.sa/coronanew.

Q: Apakah ada sejumlah aku bisa menelepon jika saya memiliki pertanyaan yang mendesak?
A: Ya, itu adalah 800 249 4444.

Q: Apa yang dilakukan untuk memerangi MERS ?
A: Ada kampanye besar oleh Departemen Kesehatan dan lembaga lainnya untuk meningkatkan kesadaran virus. Media juga penting untuk mendapatkan informasi ke publik. 

Q: Berapa lama virus tinggal di dalam tubuh?
A: Sulit untuk mengatakan karena penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi kita dapat memperkirakan sekitar 20 hari.

Q: Jika saya tidak mengalami demam saya masih bisa menjadi tersangka corona?
A: Mudah-mudahan tidak ada, kecuali jika Anda immunocompromised atau memiliki penyakit kronis.

Q: Bagaimana petugas kesehatan menangani MERS ? Apakah ada panik?
A: Tidak ada panik sama sekali. Mereka mengikuti prosedur pengendalian infeksi yang diperlukan.

Q: Apa saran Anda untuk administrator sekolah dan kepala sekolah?
A: Mereka harus mendidik guru dan murid, dan jika ada kecurigaan bahwa anak sakit, mereka harus mengirim ke rumah anak.

Q: Apakah ada larangan perjalanan karena MERS?
A: Sejauh ini tidak ada, tapi itu selalu lebih baik untuk memeriksa di Departemen Kesehatan dan badan-badan pemerintah lainnya.

Sumber: http://www.arabnews.com/MERS-CoV

No comments: