Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design: Kisi Karunia
Base Code: Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sunday, 10 February 2008

Sejarah Nishikigoi (1)

1. Definisi Nishikigoi dan Penamaannya

Nishikigoi adalah istilah umum sebagai apresisasi terhadap ikan koi berwarna yang dibudidayakan. Sebelum perang dunia ke II digunakan istilah Koi berwarna, Koi berbunga, Koi bergambar, atau Koi fantasi. Tetapi selama perang dunia II. Pemerintah tidak menyetujui kata-kata berwarna atau berbunga, sehingga dibuatlah nama ikan tersebut adalah Nishikigoi.

Kata “Koi” pertama kali digunakan sekitar 2500 tahun yang lalu di China. Pada tahun 533 SM ketika Filosof China Confucius mempunyai anak, puteranya yang baru lahir tersebut diberi hadiah seekor ikan oleh Raja Soko dari Ro. Ikan tersebut diberi nama “Koi”.

Koi tersebut dikatakan berasal dari Persia. Jenis ikan tersebut dibawa ke Jepang melalui China dan Korea sekitar 1000 tahun yang lalu. Akan tetapi ikan Koi berwarna dilahirkan di Jepang. Ikan Koi ini adalah karya Seni orang Jepang.

Doitsu merupakan Nishikigoi yang dibudidayakan sebagai makanan. Ikan tersebut berasal dari ikan Black Carp. Di Jepang Nishikigoi dan Doitsu disilangkan lahirlah Doitsu berwarna.

Nishikigoi disebut “Permata Hidup” atau “Ikan Nasional”. Adalah Bapak Komei Koshihara, Kepala Nagoya Women's College yang telah menamakan Nishikigoi sebagai “Permata Hidup”. “Ikan Nasional” pertama kali digunakan pada album foto First All Nippon Nishikigoi Show yang diselenggarakan pada tahun 1968. Pengusul nama tersebut adalah Bapak Hideo Miya dari Ojiya, Prektur Niigata.

Bersambung…

2 comments:

Adit said...

Ijin share ya bang,,. trimakasih

Adit said...

ijin share ya bang
thanx