Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design: Kisi Karunia
Base Code: Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Thursday, 18 June 2009

Harga sebuah Ciplukan empat ribu tigarutus rupiah

Tidak menyangka di negara maju seperti Jepang ditemukan ciplukan buah liar yang dijual di pasar, tepatnya di pasar Ishikawa. Di Indonesia sering kita jumpai pohon ciplukan tumbuh liar diantara tanaman kacang tanah dan jagung. Ciplukan merupakan tumbuhan herba tahunan dengan tinggi 0,1 - 1 m, berasal dari Amerika yang kini telah tersebar secara luas di daerah tropis di dunia. Ciplukan biasa tumbuh di tanah dengan ketinggian antara 1-1550 m dpl.

Ciplukan buah liar ini di pasar Prefektur Ishikawa ternyata per pak nya (isi 18 buah) dijual dengan harga 780 yen. Atau 43 yen per buah, kalau dirupiahkan menjadi 4.300 rupiah. Ciplukan ini rasanya agak langu dibanding ciplukan dari Jawa meskipun ukurannya lebih besar. Ciplukan Jawa rasanya memang lebih manis.

Nama ilmiahnya yaitu Physalis angulata L. Di Jepang dinamai Houzuki, orang Inggris menyebutnya Morel berry, sedangkan dalam bahasa Indonesia dinamakan Ciplukan, sebutan di daerah bermacam macam yaitu Ceplukan di Jawa, Cecendet di Sunda, Yor-yoran di Madura, Lapinonat di Seram, Angket, Kepok-kepokan, Keceplokan di Bali, Dedes di Sasak, Leletokan di Minahasa.





Klasifikasi Physalis angulata L. dalam sistematika tumbuhan adalah sebagai berikut:
Kerajaan : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonnae
Ordo : Solanales
Famili : Solanaceae
Marga : Physalis
Spesies : Physalis angulata L

Komposisi beberapa bagian tanaman ini, herbanya mengandung Fisalin B, Fisalin D, Fisalin F, Withangulatin A. Bijinya mengandung 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam stearat. Akarnya mengandung alkaloid. Daunnya mengandung glikosida flavonoid (luteolin). Tunasnya mengandung flavonoid dan saponin.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, baik secara in vitro maupun in vivo bahwa ciplukan memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinflamasi, antioksidan, dan sitotoksik.

Hasil penelitian Baedowi (1998) pada mencit yang diberikan 28,5 mL/kg BB menunjukan bahwa daun ciplukan mempunyai aktivitas antihiperglikemia yang dapat mempengaruhi sel β insulin pankreas.

Ayo…siapa yang ingin mengembangkan budidaya ciplukan besar-besaran sebagai bahan obat herbal untuk menggantikan obat-obatan kimia yang mulai dihindari oleh masyarakat negara maju?

23 comments:

kodars said...

ass, salam kenal...saya temannya andri sumaryadi..maaf mau tanya, apakah ciplukan dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Barat juga masuk ke Jepang ? kira-kira gambaran pasar dan jaringan bisnisnya seperti apa ya ?
infonya sekaligus untuk berita, karena saya wartawan Pikiran Rakyat Bandung

sugianto said...

ass, salam kenal, saya sugianto, saya tertarik untk membudidayakan tanaman ciplukan,untuk saya memerlukan informasi jaringan pasar untuk bisa ekspor ciplukan ke jepang. terimakasih,

Anonymous said...

Asslmkm.
saya tertarik untuk mengembangkan dan mengekspornya ke Jepang. setelah membaca tentang Ciplukan yang banyak di konsumsi di jepang..
saya mahasiswa bahasa jepang, yang baru selesai.dan ingin menembangkan usaha ciplukan di daerah saya untuk di ekspor ke Jepang.
info dan gambaran mengekspor cuplukan ke Jepang..
yoroshiku Onengaishimasu...

andriwan said...

Asslmkm.
salam kenal..
nama saya andriwan..
saya sangat tertarik dengan pasar cuplukan di jepang. saya mahasiswa yang baru selesai kuliah,sata ingin berwirausaha di bidang cuplukan ini terutama untuk di ekspor ke jepang.informasi&bagaimana komoditas standar cuplukan jepang pemasaran untuk di ekspor ke jepang.
terimakasih.
yoroshiku Onengaishimasu....

hanifatil Laili Mazaya (niza) said...

assalamualaikum, saya ingin menggunakan buah ini untuk penulisan skripsi saya, kra-kira dimana ya daerah budidayanya di bandung? saya terakhir liat tamanam ini di pegunungan tenger,,,

Aldrin Hamka said...

Assalamu'alaykum..

Di Rusia juga saya temukan Pak buah yang oleh petani dibuang-bunang ini. Harga per kg ciplukan disana senilai kurang-lebih 100rb kalau dirupiahkan. Dan Rusia mengimpornya dari Amerika selatan.

Saya bayangkan, betapa besar potensi kita yang tidak dioptimalkan.

Alan Suhendra said...

Saya jga tertarik untuk membudidaya kan buah ini tapi yg saya bingung mau jualnya kemana ..

Noor Ilham said...

Mohon bertanya.. jualnya di mana?

erwin syah said...

Saya tertarik membudidaya buah ini, mohon informasi peluang pasarnya
info lanjut ke email : spangat.ariyadi@yahoo.co.id atau 081213193576 atau pin bb 583A1230

agustam agus said...

admin, jual nya dimana kalau di Indonesia (pangsa pasar nya)?

iswaldi azhari said...

saya ada budidaya buah ciplukan tp sampai skrg saya belum menemukan pasar... kalau ada yg mau membeli atau tau info tempat penjualan ciplukan tolong di bagi ya

syur x-rad said...

Saya juga berminat membudidayakan ciplukan...baru nemu ada 8 batang pohon ciplukan...klo prosfeknya bagus saya siap membudidayakanya...mohon infonua ea gan...thanks

Moch. Abbas Kaylani said...

Mohon share Pak market pasarnya kemana

Fery Ansyah said...

Daerah saya bnyak buah ciplukan ada yg beli?

jalalmuhamadblog said...

Di daerah saya banyak buah ciplukan tapi saya blum tau pasarnya..
Tolong informasinya gan. .

Velyx Maulana said...

Ass.. pak saya dari agroteknology pertanian,rencana saya mau ambil judul skripsi tentang budidaya buah ciplukan .. tpi saya bingung perlakuan apa yg akan saya terap kan .. mohon bantu kasih judul yg pas ....

Velyx Maulana said...

Mantap

Jokyajah Jokyajah said...

Saya jg berniat budi daya ciplukan tp blm tau jualnya kmana

bloGger Arsun said...

Itu Buah kalau ditempat saya namanya SELETUP, pas dimakan bualt meledak dalam mulut...
manis - manis gimana gitu, jadi kalau mau mesen biji bibit sama saya aja OK


#salam semende palak taguk :D


Terima Kasih

cherish.islah said...

::;Assalammualaikum,,,mohon info pangsa pasarnya,,,saya juga minat jualan ciplukan,,,Wassalamualaikum

RIFAN Batu garut said...

Saya pnya ciplukan kering mau jual kemana ya
Ionfonya
082127585753 posisi saya di garut

Ade Ahmad said...

Saya jual bibit ciplukan/cecenet. Kalo ada yg butuh bisa hub saya. Trims

Erwin Shein said...

Budidaya didaerah mana ya?
Saya sedang menulusuri pasar eksport lewat teman saya.
Sambil menunggu hasil penelusuran pasar jepang saya butuh info harga, banyaknya barang, dan lokasi dimana.
Silahkan kirim info via sms atau WA ke no 085649612602.(Tidak menerima tlp, sementara hanya butuh info harga, banyaknya barang dan lokasi budidaya).
Terimakasih